Prodi Teknik Informatika UM Pontianak Jalin Kerjasama Student Exchange dengan Filipina

Pada hari ini, Rabu 2 Juni 2022.

Program Studi Teknik Informati Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer Universitas Muhammadiyah Pontianak menggelar pembukaan kegiatan First Batch of Virtual Seameo TVET Student Exchange Programme 2022 (2/6/2022). Mitra kerja sama dari kegiatan pertukaran mahasiswa ini adalah Guimaras State College Philippinnes. Kegiatan ini sekaligus sebagai orientasi bagi mahasiswa yang akan mengikuti student exchange. Terhitung 15 mahasiswa dari Prodi Teknik Informatika akan mengikuti exchange dengan durasi selama sebulan. Agenda pembukaan dan orientasi dihadiri oleh segenap pimpinan fakultas, Kepala Kantor Hubungan Internasional dari kedua institusi, dosen pengajar, dan juga mahasiswa.

Dalam sambutannya, Ibu Ufi Ruhama’ selaku Kepala Kantor Urusan Internasional UM Pontianak memberikan apresiasi kepada kedua institusi yang berhasil menyelenggarakan kegiatan dengan baik. Jelasnya, ini adalah kali ke sekian UM Pontianak menjalin kerja sama dengan institusi dari negara Filipina. Setelah sebelumnya juga menjalin kerja sama dengan Iloilo Science University dalam menyelenggarakan kegiatan guest lecture untuk beberapa prodi yakni Pendidikan Biologi, Pendidikan Kimia, Pendidikan PAUD, Kesmas, Sistem Informasi, dan Ilmu Hukum. Jalinan kerja sama ini harus terus dilanjutkan dan juga diikat dengan bukti tertulis berupa Memorandum of Understanding (MoU) atau Memorandum of Agreement (MoA).

Senada dengan Ibu Ufi, Mr Joel V. Japitana mengungkapkan apresiasi karena Guimaras State College dan UM Pontianak berhasil menjadi peserta dalam gelaran SEA TVET gelombang pertama. Joel Japitana selaku Director of Internal Affairs and External Linkages juga menghormati jam belajar untuk mahasiswa muslim dari UM Pontianak. Apresiasi yang tinggi dari Mr Joel karena ia juga mencintai Indonesia yakni terpikat dengan pesona batik dan laksa Indonesia.

Adapun 15 mahasiswa yang ikut serta dalam kegiatan student exchange dengan Guimaras State College dari Prodi Teknik Informatika adalah Yadistira Fajar Ramadhan, Syarif Muhammad Azdi Razi, Muhammad Rizki Agung Fitrianto, Sri Wahyuni, Khairul, Henny Melina Putri, Erni Diah Susanti, Arif Muhammad Daffa, Fadri Andrian, Cantika Wulan Dari, Muhammad Dwi Ramadhianto, Azrul Fathany, Muhammad Hari Gunawansyah, Enkan Feny Nopitasari, dan Yusuf Marwan.

SEA TVET sendiri merupakan kerja sama dalam bidang pendidikan di Asia Tenggara. Program kerja sama bidang pendidikan ini sudah digelar sejak tahun 2015. UM Pontianak sudah berpartisipasi dalam kegiatan SEA TVET ini sejak tahun 2019. Tujuan dari kegiatan ini agar mahasiswa dari institusi yang ada di Asia Tenggara dapat bersaing dalam pasar kerja yang semakin kompetitif. SEA TVET memiliki empat prioritas utama yakni perhotelan dan pariwisata, teknik, pertanian dan perikanan, dan konstruksi. Kerja sama pendidikan SEA TVET ini menjadi unggulan dalam bidang pendidikan tinggi sebagai penyedia tenaga kerja regional, maupun dalam melakukan mobilitas peserta didik ke negara lain di ASEAN (Hardi Alunaza).

Anda mungkin juga suka...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *